Jumat, 17 April 2009

Orang yang rugi di hadapan Allah swt.

Khutbah ke-1
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ. اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِىْ رَفَعَ اُوْلِى اْلاَقْدَارِ.عَنِ الرُّكُوْنِ اِلىَ هَذِهِ الدَّارِ. وَمَنَحَ صَفَاءَ اِحْسِانِهِ اِلَى دَارِالْقَراَرِ.وَنَفَّذَ تَصَارِيْفَ اْلاَقْدَارِ فِى اَهْلِ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ.لاَ يُسْئَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُوَيَخْتَار.اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلىَ نِعَمِهِ اْلغِزَارِ.اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّ الله ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ اْلقَادِرُ اْلقَهَّارُ. شَهَادَةً تُبَلِّغُ شَاهِدَهَا مَنَازِلَ اْلاَبْرَارِ.وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُصْطَفَى مِنْ صَمِيْمِ نِزَارٍ.نَبِيٌّ وَضَعَ الله ُبِهِ اْلاَغْلاَلَ وَاْلآصَارَ.اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ فَتَحُوا اْلفُتُوْحَ وَمَصَّرُوااْلاَمْصَارَ.صَلاَةً وَسَلاَمًا مُتَعَاقِبَيْنِ مَااَعْقَبَ لَيْلاً نَهَارٌ.(امّابعد) فّيَااَيُّهَاالنَّاسُ. اِتَّقُواالله َحَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.قال الله تعالى : والعصر. انّ الانسان لفى خسرٍ. الاّ الذين امنوا وعملواالصالحات وتوا صوابالحقّ وتواصوا بالصبر.
Segla puji bagi Allah ilah semesta alam, yang telah memberikan berbagai macam ni’mat terutama ni’mat iman dan islam serta kesehatan, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih bisa melaksanakan kewajiban selaku hamba-Nya, yaitu menunaikan salat jumat.
Salawat dan salam semoga tetap terlimpah atas baginda kita sayidul anbiya wal mursalin nabiyullah Muhammad SAW, atas keluarga, sahabat dan juga tak lupa kepada kita semua. Amin ya rabbal alamin.
Sidang jum’at rahimakumullah,
Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda dalam salah satu hadisnya yang berbunyi :
اَتَذرونَ مَنِ الْمُفْلِسُ ؟ قَالُواْ اَلْمُفْلِس فِينا مَنْ لاَدِرْهَمَ لَه وَلاَ مَتاعَ فَقال رَسولُ الله صَلَّى الله عَلَيهِ وَسلَّم: اِنَّ اْلمُفلِسَ مَنْ يَا تِيْ يَومَ القِيَمةِ بِصَلاةٍ وزكاة وَصِيامٍ.وَياتِيْ قَد شَتَم هذا,وَقَذَفَ هذا,واَكَلَ مالَ هذا ,وَسَفَكَ دَمَ هذا,وَضَربَ هذا,فَيُعْطَى هذا مِنْ حَسناتِهِ, وهذا مِنْ حَسناتِه,فَاِنْ فَنِيَتْ حَسناتُه قَبْلَ اَنْ يَقْضِيَ ما عَلَيهِ اُخِذَ مِن خَطاياهُم فَطُرِحَتْ عَليهِ ثُمَّ طُرِحَ فِى النَّارِ.
“ Tahukah kamu sekalian, “siapakah orang yang bangkrut itu?para sahabat menjawab, “orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak mempunyai uang dirham dan harta” Nabi berkata: ”orang yang bangkrut adalah orang yang datang pada hari kiamat membawa pahala salat, zakat,saum dan membawa kesalahan mencaci si anu, menuduh si anu, memakan harta si anu, membunuh si anu, memukul si anu. Kemudian diberikanlah sebagian dari kebajikannya kepada si anu dan sebagian lagi kepada si anu. Jika habis kebajikannya sebelum menyelesaikan kesalahannya, maka diambillah sebagian kesalahan-kesalahan orang itu, kemudian ditimpahkan kepadanya dan kemudian ia dilemparkan ke dalam nerka”
Hadirin sidang jum’at rahimakumullah,
Agar kita tidak bangkrut karena pelaksanaan pengamalan dan ibadah kita bercampur aduk dengan perbuatan-perbuatan yang mencerca, menyakitkan orang, menuduh orang dengan tidak benar, memukul tanpa sebab dan akibat yang tidak benar, memakan harta orang dengan tidak benar, sehingga menghabiskan amal kebajikan kita di hadapan mahkamah Ilahi Rabbi, maka agar kita tidak bangkrut, hindari dan jauhilah perbuatan itu.
Amal salih dan ibadah yang kita lakukan jangan dicampuradukan dengan perbuatan salah dan pekerjaan yang salah kaprah. Hal ini ditandaskan dalam hadits riwayat imam Bukhari dan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
مَن كان عِندَه مَظلةٌ لاَخيهِ مِن عِرضٍ اَو مالٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ اليومَ القِيمة قبلَ اَلاّ يكونَ دينارٌ ولادِرْهمٌ اِنْ كان لَه عَملٌ صالِحٌ اُخِذَ مِنهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ واِنْ لَمْ يَكنْ له حَسناتٌ اُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحبِه فَحُمِلَتْ عَلَيهِ.
“Barangsiapa yang mempunyai kesalahan terhadap saudaranya, baik berupa kehormatan atau harta, maka hendaklah ia selesaikan dengan saudaranya itu di dunia. Sebelum datang hari yang tidak berguna lagi padanya dinar dan dirham. Jika ia punya amal salih maka dia ambil daripadanya sekedar kesalahan. Jika tidak tidak punya kebaikan, diambil dosa temannya itu, lalu dibebankan kepadanya”
Iman seorang mu’min kadang bertambah kadang berkurang, oleh karena itu yakinkan dalam hati dan lakukan dalam perbuatan apa yang diperintahkan Allah dan jauhi segala larangan-Nya, niscaya kita akan selamat di dunia maupun di akhirat kelak.
Sering terjadi orang yang semula bahagia dan beriman berubah menjadi takabur dan menjauhkan diri dari tuntutan Allah swt, serta semakin jauh dari norma-norma Alah disebabkan salah kaprah dan salah pilih. Mereka tidak menyadari bahwa segala sesuatu yang ada pada dirinya merupakan cobaan dan ujian dari Allah swt.
Kalau kita renungkan, sesungguhnya ujian Allah itu bukan hanaya berupa kemiskinan dan kemelaratan, kesusahan dan bencana, tetapi adpat berupa harta yang melimpah, pangkat dan kedudukan yang tinggi.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.
لاتَزولَ قَدَما عَبدٍ يومَ القيمةِ حَتىَّ يُسْاَلُ عن خمسٍ : عَن عُمرِه فِيمَ اَفْناهُ, وَعنْ شَبابِهِ فِيم اَبْلاهُ, وَعن مَالِه مِنْ اَيْنَ اِكْتَسَبَهُ وَفِيمَ اَنْفَقَه, وَعن عِلْمِه ماذا عَمِلَ بِهِ.
“tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba sampai ditanya tentang lima perkara, tentang umurnya untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya bagaimana ia lalui, tentang hartanya dari mana diperoleh dan untuk apa dibelanjakannya, serta tentang ilmunya apa yang diperbuat dengannya”
Hadis ini memberikan isyarat kepada kita, bahwa apa pun yang kita miliki, di akhirat dimintai peratanggungjawabannya. Kalau yang kita miliki dimanfaatkan sesuai dengan tuntutan Allah, Insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, sebaliknya kalau digunakan untuk melawan Allah, ia akan mendapat adzab yang sangat pedih.
Kalau kita perhatikan firman Allah dalam surat al-Ashr, yang artinya :
“demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-nasihati supaya menaati kesabaran”
والعصر. انّ الانسان لفى خسرٍ. الاّ الذين امنوا وعملواالصالحات وتوا صوابالحقّ وتواصوا بالصبر.

باَرَكَ الله ُلِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْاَنِ الْعَظِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنىِّ وَمِنْكُمْ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. اُوْصِيْكُمْ عِبَادَاللهِ وَاِيَّايَ عَمَّا نَهَى الله ُعَنْهُ فَاتَّقُوالله َوَلاَ تَعْصُوْهُ. وَاَسْتَغْفِرُالله َالْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائِبِيْنَ
Khutbah ke-2

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَمَا اَمَرَ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرَ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلاِ نْسِ وَالْبَشَرِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَامحمد وعلى اله وصحبه مااتَّصلَتْ عينٌ بنَظرٍ واُذنٍ بِخَبر (امّا بعد) فّيَااَيُّهَاالنَّاسُ. اِتَّقُواالله َتعالى وَذَرُوا الفَواحِشَ ماظَهَر وما بطَن. وَحافِظوا على الطاعَة وحُضورِالجُمعة والجماعة.واعلَموا انَّ الله امَرَكم بِاَمْرٍ بَدَاَ فِيه بِنَفْسهِ.وَثَنَّى بِمَلائِكةِ قُدسِه. فَقال تَعالى وَلَمْ يَزل قائِلاً عَليما. إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وعلى اَل ِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كما صليت على سَيِّدِنَا ابراهيم وعلى اَل ِسَيِّدِنَا ابراهيم. وبارك عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وعلى اَل ِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كما باركت على سَيِّدِنَا ابراهيم وعلى اَل ِسَيِّدِنَا ابراهيم فى العالمين انّك حميد مجيد.اللهم اغْفِر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات برحمتك يا واهبَ العَطيّات. ربّنا اتنا فى الد نيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار.
عِبا دَ الله اِنّ الله َيامُرُبالعَدْلِ وَالاِحْسانِ واِيْتاءِ ذِى الْقُربَى وَينهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وِاْلمُنكَرِ وَالْبغيِ يَعِظُكُم لعلَّكُمْ تَذَكَّرون. فَاذْكُرَواالله اْلعَظيمَ يَذْكُرْكُمْ. وَاشْكُروهُ عَلى نِعَمِهِ يَزِدْكُم. وَاسْئَلوهُ مِن فَضْلِه يَعِظُكم. وَلَذِكْرُالله اَعَزَّ وَاَجَلُّ وَاَكْبَرُ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar